Jumat, 03 September 2010

KEISTIMEWAAN TRADISI DAN KEUNIKAN BUDAYA

Berbagai suku dan etnis budaya dengan ciri khas yang berbeda telah menyebar dengan luas ke seluruh pelosok di Indonesia, seperti budaya Chinese, Jawa, Batak, Flores, Sunda, Ambon, dan lain-lain. Suku-suku tersebut memiliki ciri khas tertentu, antara lain dalam hal lagu atau tarian tradisional, makanan tradisional, pakaian adat, acara penting, dan lain-lain.

Sunda adalah salah satu suku besar yang terkenal di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa bagian barat. Dengan jumlah orang Sunda yang hampir mencapai 30 juta jiwa, dan terus bertambah, Suku Sunda diakui sebagai etnis kedua terbesar di Indonesia, setelah Suku Jawa. Kebanyakan orang Sunda menganut agama islam, walaupun ada juga yang beragama Kristen, katolik, Buddha dan hindu. Mata pencaharian yang terutama di Suku Sunda adalah petani. Mereka menghidupi keluarga dengan bercocok tanam, juga karena tempat tinggal mereka yang kebanyak tidak jauh dari pedesaan. Tetapi tidak sedikit orang Sunda yang memiliki profesi selain petani, seperti contohnya pedagang keliling, penambang pasir, dan lain-lain.

Tanah Sunda (Priangan) dikenal memiliki aneka budaya yang unik dan menarik. Suku Sunda juga istimewa dalam hal lagu dan tarian tradisional mereka. Lagu yang terkenal dari Sunda misalnya Bubuy Bulan, Es Lilin, Tokecang, dan lain-lain. Sedangkan tarian tradisional yang mereka sering tampilkan dalam acara-acara penting seperti tari merak, tari jaipong, dan tari topeng. Mereka juga dikenal melalui makanan yang berbeda dari kebanyakan suku di Indonesia, yakni tempe dan tahu goreng, ayam goreng, lalapan, Es Dawegan, dan masih banyak lagi. Uniknya, pada saat orang sunda makan, mereka lebih senang makan dengan menggunakan tangan.

Adapun keistimewaan dari Sunda adalah keseniannya yang sungguh menarik perhatian, salah satunya adalah wayang golek. Wayang golek adalah pementasan boneka yang terbuat dari kayu dan dimainkan oleh seorang dalang yang juga berperan sebagai pengisi suara. Wayang golek biasanya dimainkan pada saat acara hiburan, pesta pernikahan atau acara penting lainnya. Tak kalah dengan wayang golek, alat musik dari Sunda juga sangat berseni, antara lain angklung, calung, kecapi, dan lain-lain. Alat musik inilah yang biasanya digunakan seiringan dengan pementasan wayang golek atau acara kesenian lainnya.

Berdasarkan tradisi dan budaya Sunda yang sangat unik dan berbeda, kami dapat menyimpulkan bahwa Suku Sunda adalah suku besar yang luar biasa indah dan memiliki adat yang bervariasi. Dengan keragaman tersebut, Sunda menjadi salah satu etnis yang terkenal, bahkan sampai ke luar negeri. Sunda juga memiliki banyak sekali keistimewaan dari lagu, tarian, kesenian, alat musik, dan lain-lain, yang secara tidak langsung telah menjadikan Sunda sebagai salah satu suku dengan tradisi yang istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar